Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh para pendidik dan orang tua adalah mengenalkan anak-anak kita dengan hal-hal yang positif. pengenalan dapat berupa sinar, warna, suara, bentuk, dan lain-lain. otak anak-anak merespon dengan baik jika yang masuk pada sensor motoriknya baik akan tetapi sebaliknya otak akan merespon hal-hal yang buruk jika yang diterima oleh otak tersebut buruk.segala hal yang dirasa, didengar, diraba, dilihat dan dicium akan diingat oleh otak lebih lama ketika hal-hal tersebut ditangkap oleh otak sewaktu anak-anak.
walaupun pengenalan pendidik dan orang tua pada perpustakaan dianggap terlalu cepat namun pengenalan perpustakaan pada anak usia dini dimaksudkan mengenalkan perpustakaan sebagai tempat belajar dan berekreasi. perpustakaan tidak hanya berupa buku, majalah, koran, jurnal dan bahan bacaan lainnnya, akan tetapi perpustakaan adalah tempat berekreasi dan bersosialisasi antara komunitas pembelajar. Yang harus kita kenalkan pada anak-anak kita, adalah perpustakaan adalah tempat yang menarik, sama menariknya dengan mall atau swalayan, perpustakaan tidak lagi tempat yang menakutkan akan tetapi perpustakaan adalah tempat mencari informasi dan tempat bersosialisasi yang menyenangkan.
untuk menarik anak usia dini berwisata, perpustakaan umum Sidoarjo saat ini diisi dengan alat peraga pendidikan INDOOR maupun OUTDOOR. alat peraga indoor terdiri dari gambar, alat pertukangan, alat mewarnai, gambar binatang, profesi orang, alat musik, alat bangunan, alat pertukangan dan lain-lain. sedangkan alat peraga pendidikan outdoor terdiri dari globe, jungkitan , ayunan, piring setengah lingkaran dan seluncuran. alat peraga edukasi tersebut disediakan agar anak-anak yang sedang berkunjung ke perpustakaan umum semakin betah. karena dengan adanya alat peraga pendidikan, anak-anak yang sedang berkunjung ke perpustakaan umum bisa belajar sambil bermain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar